Selasa, 21 Mei 2013

EFEK CHOMTON

 
Anneyoung Chiggudeul ^^
kali ini kita akan membahas tentang efek Compton radiasi partikelnya.
OK Lets Play..Cahaya sebagai suatu gejala gelombang memiliki pula sifat yang kita kaitkan dengan partikel. Energinya tidak disebar merata pada muka gelombang, melainkan dilepaskan dalam bentuk buntelan seperti partikel, sebuah buntelan diskret (kuantum) energi elektromagnet ini dikenal sebagai sebuah foton. Mengenai foton ini masih banyak yang harus dibahas dan diteliti, masih belum jelas ia partikel atau gelombang maka banyak percobaan yang dilakukan untuk menjelaskan dan membuktikan foton yang dimulai dengan percobaan efek fotoelektrik yang dilakukan Einstein.
Cara lain radiasi berinteraksi dengan atom adalah melalui efek Compton, dalam mana radiasi dihamburkan oleh elektron hampir bebas yang terikat lemah pada atomnya. Sebagain energi radiasi diberikan kepada elektron, sehingga terlepas dari atom ; energi yang sisa diradiasikan kembali sebagai radiasi electromagnet. Menurut gambaran gelombang, energi radiasi yang dipancarkan itu lebih kecil daripada energi  radiasi yang datang (selisihnya berubah menjadi energi kinetik elektron), namun panjang gelombang keduanya tetap sama. Kelak akan kita lihat bahwa konsep foton meramalkan hal yang berbeda bagi radiasi yang dihamburkan.

Proses hamburan ini dianalisis sebagai suatu interaksi (“tumbukan” dalam pengertian partikel secara klasik) antara sebuah foton dan sebuah elektron, yang kita anggap diam.jadi setelah membaca ini sudah tau bukan apa itu efek compton ??jangan lupa comment nya yah ditungguGamsahamnida ^^ sumber : buku fisika modern S Krane Kenneth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar